Mengatasi Asam Urat Dengan Jus Semangka

Mengatasi Asam Urat Dengan Jus Semangka - Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.


Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.


Mengatasi Asam Urat Dengan Jus Semangka


Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini.

Jus semangka kuning, jus semangka mix susu, manfaat juice semangka, cara membuat jus semangka untuk diet, khasiat jus semangka untuk pria, manfaat jus semangka untuk kesuburan, jus buah untuk asam urat dan kolesterol, jus untuk asam urat tinggi, buah penurun asam urat tinggi dengan cepat untuk wanita dan pria, makanan penurun asam urat dan kolesterol.

Pantangan bagi penderita asam urat

Beberapa pantangan yang tidak bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat:

  1. Jeroan: otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat.
  2. Seafood (Makanan laut): udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
  3. Riverfood (Makanan sungai): ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong.
  4. Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  5. Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
  6. Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
  7. Bebek, angsa dan kalkun.
  8. Burung dan kelelawar.
  9. Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
  10. Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  11. Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
  12. Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  13. Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  14. Makanan kaya protein, lemak dan darah.

Mengatasi Asam Urat Dengan Jus Semangka

Semangka atau sering juga disebut sebagai tembikai (Citrullus lanatus) merupakan tanaman merambat suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae. Tanaman yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan ini masih satu rumpun dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus).

Buah semangka mengandung banyak air dan berwarna berwarna merah dan kuning, berkulit keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Semangka  dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.


Buah semangka memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan salah satunya yaitu untuk mengatasi penyakit asam urat. Bagi anda yang ingin mengtasi penyakit aam urat tanpa harus  mengkonsumsi obat-obatan, jus semangka merupakan salah satu alternatif yang dapat anda konsumsi.

Bahan – Bahan
  1. 100 gram buah semangka
  2. 75 gram jeruk manis
  3. ½ gelas air dingin



Cara membuat jus asam urat:


  1. Buah semangka dipotong kecil-kecil dan dibuang bijinya.
  2. Setelah dipotong-potong dan di buang bijinya, masukkan kedua bahan buah ke dalam blender.
  3. Haluskan menggunakan blender, saring dan tuang kedalam gelas
  4. Tambahkan es jika suka mengkonsumsi dalam keadaan dingain

Agar hasil maksimal anda harus engkonsumsi jus semangka secara rutin dan teratur sampai penyakit asam urat yang anda derita berangsur-angsur pulih.

Demikian Mengatasi Asam Urat Dengan Jus Semangka, Semoga Bermanfaat.

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »