Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Alpukat

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Alpukat - Alpukat (Persea americana) merupakan tanaman buah yang berasal dari Mexico dan Amerika Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh subur didaerah beriklim hangat dengan batang pohon yang mencapai ketinggian hingga 20 meter.


Buah alpukat memiliki tekstur lembut berwarna hijau tua dan ungu kecoklatan. Daging buahnya memiliki tekstur lembut berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Alpukat


Alpukat memiliki banyak sekali manfaat. Bijinya digunakan sebagai pewarna yang tidak mudah luntur dalam industri pakaian. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai kayu bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan.


Manfaat buah alpukat untuk wajah, manfaat alpukat untuk diet,efek samping alpukat,manfaat alpukat untuk bayi dan ibu hamil, alpukat kolesterol, manfaat buah alpukat untuk wajah berjerawat, manfaat alpukat untuk program hamil, manfaat biji alpukat untuk kanker,alpukat untuk radang usus,makanan yang dapat memperbesar payudara secara cepat,makanan pemicu kanker payudara.


Selain itu, daging buah apokat jugadapat digunakan untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.


Manfaat Buah Alpukat

Meski sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, namun jangan khawatir karena lemak pada alpukat merupakan lemak sehat yang sangat bagus untuk tubuh. Lemak sangat bermanfaat dan membantu anda agar cepat kenyang dan tidak mudah lapar. Ketika kita mengkonsumsi lemak maka otak akan menerima sinyal untuk mematikan nafsu makan. Mengonsumsi lemak akan memperlambat pemecahan karbohidrat menjadi gula, yang membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

Selain beberapa manfaat diatas, bauh alpukat juga memiliki manfaat:

Menurunkan Kolesterol Dan Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut beberapa ahli gizi, Alpukat mengandung 25 miligram beta-sitosterol yang berfunsi menjaga kadar kolesterol didalam tubuh. Kolesterol yang tinggi merupakan faktor utama penyakit jantung koroner dan penyebab serangan jantung.


Mencegah Osteoporosis

Setengah dari alpukat menyediakan sekitar 25% asupan vitamin K yang direkomendasikan setiap harinya. Vitamin K sangat berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan mengurangi ekskresi kalsium urin


Menghancurkan Sel-Sel Kanker

Asupan folat yang cukup tinggi dari alpukat sangat berguna untuk melindungi dan menghancurkan pertumbuhan sel-sel kanker seperti kanker pankreas, kanker serviks, kanker payudara dan lainnya. Folat pada buah alpukat melindungi mutasi DNA dan RNA yang tidak diinginkan selama pembelahan sel.

Selain itu alpukat juga mengandung senyawa karotenoid yang merupakan antioksidan sebagai antikanker. Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan karotenoid adalah kanker prostat, mulut, lambung, dan payudara.


Menjaga Kesehatan Janin Dan Ibu Hamil

Folat yang terdapat pada buah alpukat juga sangat penting untuk kesahatan janin.Folat dengan asupan yang cukup dapat mengurangi risiko keguguran dan cacat tabung saraf pada janin.


Menurunkan Risiko Depresi

Makanan yang mengandung kadar folat yang tinggi seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko depresi karena folat membantu mencegah penumpukan homosistein, zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan penyaluran nutrisi ke otak.

Kelebihan homocysteine ​​juga bisa mengganggu produksi serotonin , dopamin, dan norepinephrine, yang mengatur mood, tidur dan nafsu makan.


Manjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah Alpulat sangat kaya akan serat. Mengkonsumsi makanan dengan serat alami dapat membantu dan menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko kanker usus besar .


Detoksifikasi Alami

Serat yang sangat dibutuhkan oleh usus untuk membantu proses pencernaan juga berfungsi membantu ekskresi racun melalui empedu dan tinja. Serat makanan alami juga berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan pembengkakan .


Kandungan Gizi Buah Alpukat


Alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium dan kalium, asam lemak lutein, beta-karoten dan omega-3. Tiap-tiap 1 porsi buah alpukat (146 g) mengandung:
  1. Kalori 234
  2. Lemak 21 g
  3. Lemak jenuh 3,1
  4. Lemak tak jenuh ganda 2,7 g
  5. Lemak tak jenuh tunggal 14 g
  6. Kolesterol 0 mg 0 %
  7. Sodium 10 mg 0%
  8. Potassium 708 mg
  9. Karbohidrat 12 g 4%
  10. Serat makanan 10 g
  11. Gula 1 g
  12. Fluorida 7 μg
  13. Beta-sitosterol 76 mg
  14. Protein 2,9 g
  15. Vitamin A 4%
  16. Vitamin C 24%
  17. Kalsium 1% Besi
  18. Vitamin D 0 % 
  19. Vitamin B-6 20%
  20. Vitamin B-12 0% 
  21. Magnesium 10%
  22. Vitamin K (20%) 21 μg 
  23. Folate (B9) (20%) 81 μg
Demikian Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Alpukat, Semoga Bermanfaat

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »