Penyebab Dan Cara Mengatasi Hipotensi Dengan Daun Bayam

Penyebab Dan Cara Mengatasi Hipotensi Dengan Daun Bayam Hipotensi atau penyakit darah rendah (hypotension) adalah penyakit dimana tekanan darah pada tubuh seseorang turun dibawah angka normal. Tekanan darah seseorang dikatakan normal apabila tekanan darah berada diantara 120/80 mmHG dan 140/85 mmHG dan apabila tekanan darah berada dibawah 120/80 mmHg maka seseorang menderita penyakit Hipotensi.



Tekanan darah rendah dapat mencapai nilai 90/60 mmhg atau bahkan lebih rendah lagi. Untuk megukur tekanan darah dapat menggunakan alat Tensimeter.


Penyebab Dan Cara Mengatasi Hipotensi Dengan Daun Bayam


Penyakit Hipotensi sama berbahayanya dengan penyakit Hipertensi (penyakit darah tinggi). Seseorang yang mengidap penyakit hipotensi haruslah membiasakan pola hidup yang sehat seperti waktu istirahat yang cukup dan teratur, dan jangan terlalu banyak pikiran. Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur dapat juga memicu penyakit hipertensi dan dan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan agar terhindar dari penyakit berbahaya ini.


Penyebab Hipertensi

Hipertensi disebabkan karena kurangnya volume darah yang dipompakan oleh jantung sehingga volume darah menjadi berkurang. Hal ini bisa terjadi disebabkan pendarahan yang hebat (luka sobek pada tubuh bagian dalam dan haid berlebihan), diare yang tidak cepat diatasi dan kurangnya asupan cairan, keringat berlebihan, buang air kecil berlebihan, serta pelebaran pembuluh darah akibat demam panas dan diare. Hipertensi juga dapat disebabkan mengkonsumsi obat-obatan dengan sembarangan, kurang darah, masalah jantung atau masalah kelenjar endokrin.


Gejala Hipotensi

Beberapa gejala umum penderita hipotensi adalah:
  • Seseorang yang mengalami hipotensi akan sering mengalami pusing. Hal ini terjadi karena kurangnya oksigen yang dibawa darah kedalam otak (kepala)
  • Menguap dan merasakan kantuk juga disebabkan karena kurangnya suplay  oksigen yang dipompakan oleh darah.ke bagian kepala (otak).
  • Penglihatan sering kabur (berkunang-kunang) terlebih ketika duduk terlalu lama dan langsung berdiri.
  • Merasa cepat lelah, pucat dan lemas
  • Tubuh mengalami keringat dingin
  • Pada kondisi tertentu sering mengalami pingsan.

Mengatasi Hipotensi Dengan Daun Bayam

Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Jenis sayuran ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang sangat penting bagi tubuh.

Selain kaya akan sumber zat besi, bayam juga mengandung berbagai macam vitamin dan zat gizi yang sangat berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Bayam mengandung Vitamin A, Vitamin B , Vitamin C dan zat-zat seperti zat besi (Fe), fosforus (P), kalium (K), mangan (Mn) dan zink (Zn).

Salah satu manfaat bayam yang sangat luar biasa yaitu untuk mengatasi darah rendah. Kandungan vitamin dan nutrisi pada sayur bayam dapat meningkatkan tekanan darah secara cepat. Untuk sayur bayam merupakan pilihan yangtepat jika anda mengalami tekanan darah rendah, dan jika anda tertarikuntuk mencoba silahkan simak cara-cara dibawah:

Cara 1

Baha-bahan:
  1. Daun bayam berduri 20 gr
  2. Air matang secukupnya

Cara mengolah:
  1. Daun bayam dicuci bersih dan ditumbuk sampai halus
  2. Campurkan daun bayam dengan air matang lalu peras dan ambil airnya saja.

Aturan pakai:

Untuk memperoleh hasil yang maksimal sebaiknya diminum 3 kali sehari


Cara 2

Bahan-bahannya:
  1. 20 gram daun bayam berduri
  2. 1 butir telur ayam kampung
  3. 1 sendok makan madu asli
  4. Air matang secukupnya

Cara Mengolah:
  1. Daun bayam ditumbuk halus lalu campurkan dengan air matang, lalu peras dan ambil airnya saja.
  2. Campurkan air perasan daun bayam dengan kuning telur dan madu, lalu diaduk hingga merata

Cara Pakai:

Diminum 2 kali sehari

Cara 3

Bahan-bahannya:
  1. Bayam 20 gr
  2. 10 gr gula aren
  3. 5 gr asam kawak
  4. 5 gr bawang merah
  5. 10 gr lada
  6. 15 gr cabai rawit
  7. Garam secukupnya

Cara mengolah:

Semua bahan kecuali bayam digerus halus seperti sambal

Aturan pakai:

Bayam dan adonan yang digerus halus dimakan bersama, atau boleh juga dijadikan lauk bersama nasi.


Demikian Penyebab Dan Cara Mengatasi Hipotensi Dengan Daun Bayam, Seoga Bermanfaat.

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »