Khasiat Dan Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan - Adas merupakan salah satu dari Sekian banyak tumbuhan yang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi tubuh dan kesehatan manusia. Selain digunakan sebagai campuran (bumbu) masakan, tanaman yang dikenal dengan nama latin Foeniculum Vulgare Mill ini juga digunakan sebagai obat-obatan tradisional.

Adas merupakan rempah-rempah yang berbau harum yang berasal dari negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Hampir semua bagian tanaman adas seperti daun, tangkai, dan umbi bisa dikonsumsi. Umumnya di negara-negara eropa adas biasa digunakan sebagai campuran salad, bumbu masakan panggang, saus danbahkan sering juga digunakan sebagai pengganti bubuk teh.

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan


Di Indonesia, tanaman ini juga telah sejak lama digunakan sebagai bumbu masakan dan obat-obatan. Minyak Adas yang lebih dikenal dengan minyak atsiri yang merupakan hasil sulingan serbuk buah adas yang sudah masak dan kering biasanya digunakan dalam industri obat-obatan. Sedangkan untuk bumbu masakan biasanya digunakan bersama-sama dengan kulit batang pulosari.

Manfaat adas pulosari, daun adas pulosari beli dimana, nama lain biji adas,khasiat adas untuk payudara,manfaat daun adas untuk ibu menyusui, cara menanam adas.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Adas Untuk Kesehatan


Zat-zat yang terdapatpada buah adas dapat membantu sangat manjur untuk meransang kerja organ pencernaan, membantu melancarkan buang angin, menghangatkan badan, serta mengencerkan dahak, membantu meningkatkan nafsu makan, insomnia, dan melancarkan datang bulan.


Biji adas bisa juga dimanfaatkan sebagai obat herbal penghancur batu ginjal. Kandungan zat dan senyawa dalam minyak adas bisa membantu meluruhkan batu ginjal dan mengeluarkannya melalui saluran pencernaan. Beberapa manfaat penting adas dapat anda simak dibawah ini:

Meningkatkan Produksi Asi

Adas sangat bagus untuk dikonsumsi bagi ibu yang menyusui. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, adas mengandung senyawa mirip estrogen, dan bertindak layaknya estrogen dalam tubuh. Estrogen didalam tubuh akan merangsang produksi ASI pada wanita menyusui.


Mengatasi Kolik Pada Bayi

Kolik adalah suatu kondisi dimana bayi yang berumur beberapa hari (hingga berumur 4 bulan ) menangis (rewel) dan menjerit hingga berjam-jam lamanya. Tidak ada penyebab pasti bayi mengalami kolik, namun hal ini bisa membuat orang tua dan orang yang berada disekitar sianak akan kelimpungan dibuatnya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Rusia menemukan bahwa minyak biji adas dapat mengurangi intensitas kolik. Cukup sediakan 1sdt teh adas dilarutkan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk sampai larut. Sesudah agak dingin, larutan bisa diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.


Mengatasi Masalah Sistem Pernafasan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Itali, minyak biji adas dapat melonggarkan lendir di paru-paru dan meringankan batuk atau sakit tenggorokan. Anda bisa menggunakan minyak adas untuk berkumur sekali sehari dengan 5 sampai 7 gram (antara 1 dan 1,5 sendok teh).


Memperlancar Haid Dan Mengatasi Kram Menstruasi

Kandungan vitamin E yang terdapat pada adas dapat mengurangi rasa sakit dan kram disaat menstruasi pada wanita. Cukup siapkan 3 sampai 5 gram buah adas yang telah kering (bisa juga diganti dengan biji adas kering yang telah dihaluskan), rebus dengan 3 gelas air hingga bersisa 1 gelas. Sisa air rebusan tadi diminum selagi hangat dan lakukan setiap hari sampai rasa dan kram hilang. Ramuan ini juga bisa dikonsumsi bagi wanita yang mengalami haid tidak teratur.


Menyembuhkan Luka Akibat Gigitan Hewan Berbisa

Dalam budaya tertentu, adas memiliki tradisi yang digunakan untuk menyembuhkan luka dan gigitan beracun serta menghilangkan racun yang tertelan. Hal ini karena minyak adas diyakini oleh beberapa orang memiliki khasiat yang mberguna untuk penyembuhan topikal dan mungkin penyembuhan internal juga.


Meningkatkan Libido

Menurut cerita rakyat, adas bisa digunakan sebagai afrodisiak, atau zat yang yang fungsinya meningkatkan dorongan seksual. Sayangnya teori ini belum bisa dibuktikan dan belum ada penelitian ilmiah untuk mendukung teori tersebut.


Mengatasi Penyakit Kolera

Studi ilmiah terbaru menunjukkan bahwa bumbu sederhana, yang meliputi adas manis dan cabe merah, berpotensi efektif dalam memerangi dan memperlambat pertumbuhan bakteri tertentu yang terkait dengan kolera.


Efek Samping Adas


Mengkonsumsi adas sangat bagus untuk kesehatan tubuh, namun sama dengan tumbuhan-tumbuhan lainnya mengkonsumsi secara berlebihan justru bisa membahayakan. Untuk itu sebaiknya konsumsilah berbagai macam makanan (termasuk adas dalam jumlah yang tidak melebihi. Beberapa permasalahan yang ditimbulkan jika mengkonsumsi adas secara berlebihan:
  1. Dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk bernafas atau sesak nafas.
  2. Dapat menimbulkan gangguan pada sistem saraf otak
  3. Menyebabkan terjadinya peningkatan palpitasi
  4. Dapat menyebabkan terganggunya kerja jantung
  5. Menimbulkan seseorang sering buang angin (kentut).
Demikian manfaat dan khasiat adas untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »