Cara-Cara Membersihkan Nikotin Didalam Tubuh

Cara-Cara Membersihkan Nikotin Didalam Tubuh

Akhir-akhir ini, banyak perokok mulai mengenal bahaya merokok dan banyak yang bertanya bagaimana cara menghilangkan nikotin dalam tubuh? Jika Anda sudah menjadi perokok berat dan ingin berhenti, bagaimana Anda melakukannya?

Biasanya banyak yang mengatakan bahwa susu dan soda dapat membersihkan atau setidaknya mengurangi nikotin dalam tubuh. Tetapi apakah itu benar?

Tidak ada penelitian skala besar yang menyatakan bahwa susu dan soda dapat membersihkan atau mengurangi nikotin di paru-paru. Nikotin adalah bahan adiktif yang ditemukan dalam rokok dan produk tembakau lainnya. Menurut American Heart Association, nikotin menyebabkan peningkatan tekanan darah dan dapat membahayakan kesehatan.

Nikotin dapat menyebabkan kecanduan fisik yang dapat berlangsung bertahun-tahun, membuat upaya untuk berhenti merokok menjadi sesuatu yang sangat sulit dilakukan. Salah satu cara untuk menghentikan kecanduan adalah dengan membersihkan nikotin dalam tubuh.

Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan nikotin dari tubuh, seperti dilansir Klikdokter.com:

Cara Bersihkan Nikotin dalam Tubuh

1. Minumlah banyak air

Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8 - 2,0 liter air per hari. Namun, nikotin dapat dibersihkan dari tubuh lebih cepat jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. Ini juga harus menjadi perhatian, hati-hati jika mengonsumsi air dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gangguan keseimbangan mineral dalam tubuh yang sebenarnya menyebabkan penyakit lain.

2. Olahraga

Selain minum banyak air, berolahraga adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat, termasuk nikotin.

Berjalan, jogging, atau olahraga lain (seperti tenis) baik untuk membersihkan nikotin dari tubuh. Latihan perlu dilakukan setidaknya 30 menit per sesi dengan frekuensi hingga 5 kali seminggu. Jangan berolahraga berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi paru-paru dan jantung Anda.

3. Perbanyak buah dan kurangi makanan cepat saji

Keasaman dan vitamin dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk membersihkan tubuh dari nikotin. Juga, kurangi makanan cepat saji dan makanan berat setidaknya selama beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan biskuit, buah, sayuran, dan makanan rendah kalori.

4. Hindari alkohol

Hindari alkohol, gula, dan kopi setidaknya selama beberapa hari selama periode upaya untuk membersihkan nikotin. Alkohol dapat memperlambat nikotin keluar dari tubuh dan memicu keinginan untuk merokok lagi. (*)

Related Movies

Latest
Previous Article
Next Post »