Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan Serta Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan Serta Cara Mengatasinya

Rambut rontok setelah melahirkan sering membuat panik para wanita. Satu kondisi ini dikhawatirkan akan menyebabkan kebotakan sehingga mengurangi kepercayaan diri mereka.

Sebenarnya, kerontokan rambut pada ibu yang baru melahirkan umumnya sesuatu yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Kejadian ini biasanya akan menimpa kaum hawa pada beberapa bulan awal sejak kelahiran anak mereka. Namun seiring berjalannya waktu, keadaan ini akan membaik dan rambut akan kembali tumbuh normal setidaknya hingga tahun pertama usia anak.

Inilah yang Terjadi di Balik Fenomena Tersebut

Sebenarnya, kerontokan rambut terjadi tiap hari dan hal tersebut merupakan siklus pertumbuhan rambut yang normal. Hanya saja, saat perempuan menjalani proses kehamilan, mereka tidak mengalami siklus kerontokan rambut seperti pada umumnya. Hal ini dikarenakan kadar hormon estrogen di dalam tubuh mengalami lonjakan sehingga memperpanjang fase pertumbuhan rambut dan lebih sedikit rambut yang mengalami kerontokan.

Itulah kenapa selama masa kehamilan, para wanita dapat memiliki rambut yang lebih tebal dibandingkan sebelum hamil. Dengan kata lain, fenomena kerontokan rambut setelah melahirkan merupakan kejadian yang erat kaitannya dengan jumlah hormon di dalam tubuh. Jangan panik dan terburu-buru beranggapan bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan gizi atau vitamin.

Setelah melahirkan, produksi estrogen kembali ke tingkat normal dan rambut yang seharusnya sudah rontok akan melanjutkan ke siklus normal. Itulah kenapa jumlah rambut yang rontok terlihat lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini biasanya berlangsung pada beberapa bulan awal setelah melahirkan hingga Si Kecil berusia enam bulan. Pada sebagian kasus, ada juga perempuan yang mengalami fase ini hingga setahun lamanya.

Inilah Cara yang Tepat dalam Menghadapi Kondisi Tersebut

Daripada panik menghadapi kerontokan rambut setelah melahirkan, para perempuan disarankan melakukan beberapa tindakan perawatan rambut seperti ini.

Perlakukan rambut dengan lembut
Saat menghadapi rambut rontok setelah melahirkan, memperlakukan rambut dengan lembut setidaknya bisa mengurangi tingkat keparahannya. Perlakuan lembut tersebut antara lain dengan mengaplikasikan gaya rambut yang minim tekanan. Untuk itu, hindari mengepang, menguncir, dan mengikat rambut ekor kuda. Pastikan juga untuk menyisir rambut dengan lembut terutama saat rambut sedang basah setelah keramas karena pada saat inilah kondisi rambut lebih rapuh sehingga rawan rontok atau patah.

Kurangi pemakaian pengering dan pelurus rambut
Agar rambut terhindar dari kerusakan lebih lanjut, mengurangi pemakaian pengering dan pelurus rambut bisa menjadi pertimbangan utama. Jika merasa tidak nyaman karena rambut yang basah, pastikan alat yang digunakan diatur pada tingkat efektivitas yang lebih rendah.

Hati-hati saat memakai kondisioner
Pemakaian kondisioner bisa membuat rambut terlihat lemas dan ‘jatuh’, menjadikannya terlihat lebih tipis. Aplikasikan kondisioner hanya pada bagian ujung rambut saja dan sementara waktu hindari terkena kulit kepala. Terkait keperluan ini, usahakan memakai jenis kondisioner yang didedikasikan untuk perawatan rambut tipis.

Gunakan sampo penebal rambut
Demi mengantisipasi rambut rontok setelah melahirkan, cobalah untuk menggunakan sampo penebal rambut. Produk sejenis ini, umumnya memiliki protein yang berguna melapisi rambut. Selain jenis ini, sampo dan kondisioner yang mengandung biotin dan silika juga diprediksi bisa membantu para perempuan melewati fase yang dirasa mengkhawatirkan ini.

Tidak ada salahnya mencoba gaya rambut baru
Fase kerontokan rambut setelah melahirkan mungkin adalah waktu yang cocok untuk mencoba gaya rambut baru. Kesegaran dari pesona gaya rambut baru mungkin bisa memperbaiki mood yang jelas sedang tidak mengenakkan pada masa-masa ini.

Mewarnai rambut
Menyiasati rambut rontok setelah melahirkan bisa juga dilakukan dengan mewarnai rambut. Hal ini akan menjadi kamuflase yang baik dalam menutupi kian susutnya rambut.

Tambahkan aksesoris pada rambut
Samarkan penipisan rambut akibat kerontokan dengan ikat kepala, syal, atau bandana bisa membentuk gaya tersendiri yang terlihat lebih keren.

Mengonsumsi makanan-makanan yang sehat
Untuk membantu pertumbuhan rambut kembali, utamakan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, C, E, biotin, dan zinc. Kelompok nutrisi ini terkenal baik dalam mendukung pertumbuhan rambut dan kuku.

Jika teknik mengatasi atau menyiasati rambut rontok setelah melahirkan di atas masih belum bisa melegakan hati, disarankan untuk mengonsultasikannya dengan dokter demi bisa mendapatkan penanganan medis yang lebih efektif.

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »