Bahaya dan Manfaat Bersepeda Ketika Sedang Hamil

Bahaya dan Manfaat Bersepeda Ketika Sedang Hamil

Olahraga adalah aktivitas yang sangat dianjurkan untuk kehamilan. Olahraga dapat membantu tubuh tetap aktif, sehingga aliran darah ibu hamil ke seluruh tubuh lancar. Ini juga mendukung ketersediaan oksigen dan nutrisi untuk janin. Namun, olahraga apa yang bisa dilakukan oleh ibu hamil? Apakah bersepeda aman selama kehamilan?

Bersepeda selama kehamilan tidak selalu aman

Bagi Anda yang gemar bersepeda, mungkin bersepeda saat hamil bukan masalah. Kongres Kebidanan dan Kandungan Amerika juga menyatakan bahwa bersepeda selama kehamilan adalah aman. Namun, mungkin ini berbeda bagi Anda yang tidak terbiasa bersepeda. Bersepeda mungkin bukan olahraga yang aman untuk Anda lakukan saat hamil. Risiko jatuh saat bersepeda dapat terjadi dan ini dapat melukai bayi Anda. Tentu saja, ini bisa berbahaya.

Kemampuan seseorang untuk naik dapat bervariasi. Jika Anda yakin masih bisa naik saat hamil tanpa jatuh, ini mungkin aman untuk Anda. Namun, Anda mungkin perlu beradaptasi lagi karena perut Anda membesar (meskipun Anda terbiasa bersepeda). Anda perlu tahu bahwa ketika perut Anda membesar, pusat gravitasi tubuh Anda juga bergeser. Jadi, Anda mungkin lebih mudah kehilangan keseimbangan dan jatuh. Perut yang besar juga bisa menyulitkan Anda untuk menggerakkan setang sepeda.

Jika Anda ragu, itu tidak perlu. Anda bisa melakukan olahraga lain yang lebih aman, misalnya berjalan. Itu semua tergantung pada pilihan Anda. Anda tentu lebih mengenali batas kemampuan Anda.

Kiat untuk bersepeda aman selama kehamilan

Sebelum memutuskan untuk siklus saat hamil, ada sejumlah hal yang harus Anda pertimbangkan, yaitu:
  • Apa kemampuan Anda dalam bersepeda?
  • Apakah kehamilan Anda berisiko tinggi? (Konsultasikan dengan dokter Anda)
  • Bagaimana perjalanan Anda aman? Apakah jalan yang harus dilalui aman?
  • Bagaimana kondisi cuaca saat bersepeda?
Jika Anda memutuskan untuk tetap bersepeda, Anda harus memperhatikan faktor keamanan saat bersepeda.
  1. Pilih jalan yang mulus dan tidak bergelombang
  2. Ambil sepeda perlahan dan jangan kasar
  3. Jangan bersepeda di jalan basah
  4. Buat sepeda Anda senyaman mungkin. Sesuaikan setang dan kursi sepeda Anda. Karena perut Anda semakin besar dan berat badan Anda bertambah, Anda mungkin perlu mencari tempat duduk yang lebih nyaman bagi Anda.
  5. Anda perlu membawa minuman untuk mengantisipasi jika Anda merasa haus saat berada di jalan.
  6. Ketahui batas kemampuan Anda. Jika di tengah jalan Anda sudah merasa lelah dan tidak mampu, Anda harus berhenti, turun, dan berjalan. Jangan memaksakan diri.
  7. Anda mungkin perlu ditemani oleh suami atau teman Anda saat bersepeda, sehingga mereka dapat merawat Anda. Jika sesuatu terjadi pada Anda, mereka juga dapat membantu Anda segera.
  8. Untuk lebih baik, Anda harus berdiskusi dengan dokter Anda apakah kondisi kehamilan Anda memungkinkan untuk bersepeda dan olahraga apa pun yang dapat Anda lakukan.

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »