Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Depresi

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Depresi - Depresi merupakan gangguan kesehatan mental. Secara khusus, deperesi adalah gangguan mood yang ditandai dengan suasana hati seperti selalu merasa sedih, putus asa, merasa kehilangan, perasaan kecewa yang menyebabkan seseorang kehilangan minat untuk beraktifitas sehari-hari dan berlangsung secara terus-menerus.


Depresi dapat dialami oleh siapa saja baik itu tua, muda, wanita dan pria, namun depresi umumnya lebih sering terjadi pada wanita ketimbang pria. depresi bisa berlangsung dalam jangka waktu beberapa minggu namun tidak jarang seseorang mengalami depresi dalam waktu yang sangat lama.


Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Depresi

Penyebab Depresi


Penyebab depresi tidak sepenuhnya dipahami namun cenderung merupakan gabungan faktor genetik, biologis, lingkungan, dan psikososial yang komplek. Depresi berbeda dengan fluktuasi mood yang kita semua alami sebagai bagian dari kehidupan normal dan sehat. Respons emosional sementara terhadap tantangan kehidupan sehari-hari bukanlah depresi.

Beberapa faktor yang dapat memicu seseorang terkena depresi seperti:
  • Peristiwa hidup - misalnya, duka cita, perceraian, dan kemiskinan
  • Kepribadian - misalnya merasa gagal
  • Faktor genetik
  • Trauma masa kecil
  • Penggunaan beberapa obat resep yang berlangsung dalam jangka waktu lama termasuk kortikosteroid, beberapa beta-blocker, interferon, dan reserpin.
  • Penyalahgunaan obat-obatan dan narkotika (termasuk alkohol dan amfetamin) - dapat menyertai depresi atau mengakibatkannya.

Kunyit untuk depresi, obat depresi dalam islam, obat depresi berat, cara mengolah kunyit untuk obat depresi, obat depresi di apotik, cara menghilangkan depresi akut, nama obat depresi, obat penghilang stres pikiran.

Gejala Depresi

Gejala depresi bisa meliputi:

  1. Suasana hati tertekan
  2. Berkurangnya minat untuk melakukan aktivitas yang sebelumnya biasa dilakukan dan dinikmati.
  3. Kehilangan hasrat seksual
  4. Penurunan berat badan yang tidak disengaja (tanpa diet) yang disebabkan nafsu makan rendah
  5. Insomnia (susah tidur) atau hypersomnia (tidur berlebihan)
  6. Agitasi psikomotor (misalnya, gelisah, mondar-mandir ke atas dan ke bawah), atau retardasi psikomotor (gerakan dan tindakan menjadi lambat)
  7. Kelelahan atau kehilangan energi
  8. Perasaan tidak berharga atau bersalah
  9. Kemampuan berkurang seperti tidak dapat berpikir jernih, berkonsentrasi, atau membuat keputusan.
  10. Sering berpikir untuk bunuh diri, atau mencoba bunuh dir.
  11. Rona wajah selalu sedih (menangis), alis berkerut, sudut bawah mulut yang membalik
  12. Sikap berubah drastis.
  13. Respon melambat seperti gerakan tubuh.
  14. Merasa pesimis dan suka mengeluh.

Cara mengatasi depresi menurut islam, cara menyembuhkan depresi pada diri sendiri, ciri ciri depresi berat, cara menyembuhkan depresi secara alami, mengatasi depresi berkepanjangan, kenali penyebab dan cara mengatasi depresi, cara menghadapi orang depresi, apakah depresi bisa sembuh sendiri

 

Cara Mengobati Depresi

Depresi dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan dokter ataupun spesialis kesehatan mental (psikiater dan psikolog).

Beberapa hal yang dapat mengurangi dan mengobati depresi:


Bantuan Dan Dukungan Keluarga Dan teman

Depresi yang dialami seseorang tidak terlepas dari bantuan oleh orang-orang yang berada disekitar seperti keluarga, teman dan kerabat lainnya.




Berolah Raga


berolah raga seperti aerobik, jalan santai, bersepeda dan olahraga ringan lainnya dapat mengurangi dan mengatasi perasaan depresi seeorang. Dengan berolaraga tubuh akan memproduksi endorphin yang membuat suasana hati menjadi lebih santai dan membuat pikiran lebih jernih.




Psikoterapi



Psikoterapi adalah terapi psikologis atau terapi berbicara untuk depresi yang meliputi terapi perilaku kognitif (CBT), psikoterapi interpersonal, dan pengobatan pemecahan masalah. Dalam kasus depresi ringan, psikoterapi adalah pilihan pertama untuk pengobatan, sedangkan untuk  kasus sedang dan parah dapat digunakan bersamaan dengan pengobatan lainnya.



Mengkonsumsi Obat Anti-Depresan

Obat anti-depresan adalah obat yang dapat digunakan untuk meringankan dan mengobati gejala depresi. Obat ini biasanya dengan resep dokter dan digunakan untuk membantu seseorang yang terkena depresi sedang dan berat.

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »