Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan - Mangga merupakan tanaman buah dengan nama latin mangifera indica. Pohon mangga merupakan jenis tanaman berpohon kayu besar yang dapat hidup puluhan tahun.


Pohon Mangga awalnya berasal dari sekitar perbatasan India dan Burma. Ditempat ini mangga telah ditanam lebih dari empat ribu sampai enam ribu tahun yang lalu. Mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam.


Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan


Mangga memiliki banyak sekali jenisnya. Buah mangga termasuk kelompok buah yang berdaging, dengan ukuran yang bermacam-macam sesuai dengan jenisnya. Ada jenis buah mangga yang bulat dan ada juga yang lonjong memanjang. Panjang buah mangga kira-kira 2,5–30 cm. Pada bagian ujung buah, ada bagian yang runcing yang disebut paruh. Di atas paruh ada bagian yang membengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan ke bagian perut.

Manfaat buah mangga untuk wajah, artikel buah mangga, kandungan buah mangga, apa manfaat pepaya, apa manfaat pisang, manfaat buah mangga untuk diet, manfaat mangga muda, manfaat buah mangga untuk ibu hamil.

Buah mangga memilki rasa manis dan sebagian memiliki rasa asam pada daging buahnya. Umumnya Buah ini bewarna hijau tua saat mentah dan berwarna hijau kekuning-kuningan saat sudah matang. Buah mangga merupakan jenis buah musiman dan dapat anda peroleh dengan mudah di pasar-pasar tempat penjualan buah.


Buah mangga dapat dikonsumsi setiap saat. Namun dapat juga dibuat jus, rujak ataupun dibuat sebagai campuran berbagai hidangan dan campuran. Bahkan buah mangga sekarang banyak yang diproduksi sebagai makanan kalengan. Selain rasa buahnya yang sangat enak, buah mangga memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.


Kandungan Gizi Buah Mangga


Buah mangga sangat kaya akan vitamin dan gizi. Kandungan gizi pada 100 gr buah manga dapat anda lihat seperti dibawah:
  1. Energi 272 kJ (65 kcal)
  2. Karbohidrat 17,00 g
  3. Gula 14,8 g
  4. Diet serat 1,8 g
  5. Lemak 0,27 g
  6. Protein 0,51 g
  7. Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
  8. Beta-karoten 445 mg (4%)
  9. Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
  10. Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
  11. Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
  12. Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
  13. Vitamin B6 0,134 mg (10%)
  14. Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
  15. Vitamin C 27,7 mg (46%)
  16. Kalsium 10 mg (1%)
  17. Besi 0,13 mg (1%)
  18. Magnesium 9 mg (2%)
  19. Fosfor 11 mg (2%)
  20. Kalium 156 mg (3%)
  21. Seng 0,04 mg (0%)

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan


Kesehatan Kulit Dan Mata

Buah mangga mengandung vitamin A yang memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan penglihatan. Selain itu dengan mengkonsumsi mangga yang kaya akan vitamin A ini secara teratur dapat menjaga selaput lendir dan menjaga kesehatan kulit anda serta dapat membantu penyembuhan berbagai macam penyakit kulit seperti bisul dan kudis serta dapat mengangkat berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.


Mencegah Penyakit Kanker

Buah mangga mengandung banyak serat,  makanan pre-biotik, vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan seperti flavonoid polifenolik. Menurut sebuah  penelitian,  senyawa antioksidan-polifenol pada buah mangga dapat melindungi dari kanker usus besar, kanker payudara, leukemia dan kanker prostat. Selain itu buah mangga juga mengandung senyawa flavonoid seperti beta-karoten, beta-cryptoxanthin  dan alfa-karoten yang dapat melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.


Mengontrol Tekanan Darah

Buah mangga merupakan sumber kalium yang sangat dibutuhkan tubuh. Kalium merupakan zat penting dari sel dan cairan tubuh yang berfungsi membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Vitamin B-6 atau pyridoxine pada buah mangga juga dapat memproduksi hormon di dalam otak, yang berfungsi mengontrol tingkat homocystiene yaitu zat yang bisa merusak pembuluh darah yang mengakibatkan stroke.


Menurunkan Kadar Kolesterol

Mangga mengandung serat yang cukup tinggi, pectin serta vitamin C. Kandungan dalam mangga ini sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.


Meningkatkan Imun Dalam Tubuh

Mangga mengandung  vitamin C, A serta 25 jenis karotenoid yang sangat berguna bagi tubuh. Kandungan pada buah mangga dipercaya sangat efektif untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.


Membantu Sistem pencernaan

Mengkonsumsi buah mangga dapat menghasilkan beberapa enzim yang memiliki fungsi untuk mempercepat pemecahan lemak dan protein pada makanan yang anda konsumsi. Kandungan serat yang kaya pada buah ini juga dapat membantu proses pencernaan pada usus anda lebih lancar sehingga anda tidak akan mengalami kesusahan buang air besar.


Meningkatkan Daya ingat

Buah mangga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat masa pertumbuhan. Buah mangga mengandung kadar asam glutamin yang cukup tinggi yang dapat  membantu memperkuat daya ingat.


Mencegah Anemia

Buah Mangga juga kaya akan zat besi yang sangat penting bagi tubuh anda. Zat besi pada bauh mangga dapat membantu mengatasi anemia, sehingga buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi penderita anemia, terlebih bagi wanita hamil.

Demikian Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »