Manfaat Dan Efek Samping Asparagus Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Efek Samping Asparagus Untuk Kesehatan - Asparagus (Asparagus officinalis) merupakan jenis sayuran keluarga Liliaceae (bawang-bawangan) yang berasal dari daratan Mediterania. Tumbuhan ini sudah dibudidayakan sejak tahun 200 sebelum masehi oleh bangsa Romawi yang selanjutnya menyebar ke negeri Belanda dan Jerman dan Amerika. Sedangkan di dataran Asia berkembang di negara China, Taiwan, Thailand, Korea, Jepang, Filipina dan Indonesia.


Asparagus memiliki banyak spesies seperti Asparagus officinalis (sebagai sayuran), Asparagus plumosus, dan Asparagus spingeri (sebagai tanaman hias). Diantara spesies yang ada, Asparagus officinalis yang dikembangkan dan tersebar di seluruh dunia. Berdasarkan warna rebung yang dihasilkan, Asparagus dibedakan dalam tiga jenis, yaitu : Asparagus putih, Asparagus hijau dan Asparagus ungu.


Manfaat Dan Efek Samping Asparagus Untuk Kesehatan


Asparagus sangat kaya akan vitamin dan zat-zat penting yang sangat berguna bagi tubuh.Namun sayang di Indonesia asparagus memiliki harga yang cukup mahal dikarenakan masih sedikit yang membudidayakan tanaman ini, sehingga sampai saat ini sayuran ini masih diimpor dari luar.


Manfaat asparagus untuk kesuburan,efek samping asparagus,manfaat asparagus untuk bayi, contoh sayur asparagus,manfaat asparagus dan cara pengolahannya,nama lain sayur asparagus,gambar sayur asparagus, cara mengolah asparagus.


Asparagus memiliki sifat diuretik alami yang berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus juga sangat kaya akan asam folat nabati, namun rendah rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium. Tumbuhan ini juga merupakan sumber rutin, yaitu senyawa yang dapat memperkuat dinding kapiler.


Selain itu tumbuhan subtropis ini juga kaya akan vitamin B6, kalsium, magnesium dan seng, dan sumber yang sangat baik serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, rutin, niacin, asam folat, besi, fosfor, kalium, tembaga, mangan, asam amino dan selenium.


Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan


Beberapa manfaat dari Sayuran Asparagus:

Menurunkan Berat Badan

Asparagus tidak mengandung lemak dan rendah kalori (32 kalori/cangkir) namun mengandung banyak serat. Makanan yang mengandung serat sangat bagus dikonsumsi dikarenakan tubuh mencerna serat secara perlahan dan membuat cepat kenyang. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan, asparagus merupakan pilihan menu yang perlu untuk anda coba.


Mencegah Sembelit Dan Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat yang terdapat pada asparagus tidak hanya membantu menurunkan berat badan namun juga dapat mencegah anda terkena sembelit dan menurunkan kadar kolesterol.


Peluruh Urine (Diuretik)

Asparagus mengandung asam amino asparagin yang berfungsi sebagai peluruh kencing (diuretik) alami. Hal ini sangat membantu mencegah anda terkena serangan penyakit infeksi saluran kemih.


Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asparagus sangat kaya akan Vitamin A, E dan Antosianin yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, dan jamur serta meningkatkan kekebalan dan sistem imun tubuh.


Meningkatkan Mood Dan Gairah

Asparagus mengandung vitamin B6 dan folat, yang dapat membantu meningkatkan perasaan gairah. Selain itu kandungan Vitamin E pada sayuran ini juga berfungsi merangsang hormon seks estrogen pada wanita dan testosteron pada pria.


Mencegah Depresi

Selain untuk meningkatkan mood dan gairah, asam folat dan vitamin B6 pada asparagus dapat juga berfungsi untuk menghindarkan anda dari depresi. Kandungan folat yang tinggi dalam asparagus dapat meningkatkan fungsi otak, sedangkan vitamin E membantu menempatkan Anda dalam suasana hati yang nyaman. Selain itu, triptofan yang terdapat pada asparagus menghasilkan serotonin pada otak yang yang berguna untuk menstabilkan suasana hati.


Meredakan Mabuk Alkohol (Minuman Keras)

 Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Food Science yang dilakukan pada sel yang ditanam di laboratorium menunjukkan bahwa mineral dan asam amino dalam ekstrak asparagus dapat membantu mengurangi mabuk dan melindungi sel hati dari racun dalam alkohol.


Mengatasi Kembung

Asparagus memiliki beberapa manfaat probiotik yang bisa meringankan gas yang ada dalam perut. Selain itu, kandungan diuretik pada asparagus, dapat mengeluarkan kelebihan cairan dari dalam tubuh yang menyebabkan kembung.


Menjaga Kesehatan Janin Dan Ibu Hamil

Asparagus mengandung asam folat yang sangat penting bagi wanita yang sedang hamil (mengnadung) karena bisa membantu melindungi janin dari cacat tabung saraf, Satu studi pada tahun 2009 yang dipublikasikan di PLoS Medicine menyebutkan bahwa suplemen asam folat membantu mengurangi risiko kelahiran prematur sebesar 50% bila dikonsumsi setidaknya setahun sebelum pembuahan dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi asam folat tambahan.


Menjaga Kesehatan Tulang

Asparagus merupakan sumber vitamin K yang sangat penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.


Efek Samping


Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung purin (purine) sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit asam urat.


Demikian Manfaat Dan Efek Samping Asparagus Untuk Kesehatan, Semoga Bermanfaat.

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »