Manfaat Minyak Hati Ikan Cod Bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Hati Ikan Cod Bagi Kesehatan - Minyak ikan cod adalah jenis suplemen ikan yang sangat bergizi. Minyak ikan ini memeiliki nilai gizi dan manfaat bagi kesehatan karena mengandung kombinasi asam lemak omega-3, vitamin A dan vitamin D.



Manyak ikan hati ikan cod ini sangat bagus untuk dikonsumsi baik itu untuk dewasa dan juga anak-anak. Minyak hati cod telah digunakan selama berabad-abad untuk menghilangkan nyeri sendi dan mengobati rakhitis, yaitu penyakit yang menyebabkan tulang rapuh pada anak-anak. Selain itu minyak ikan cod ini juga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan mengatasi penyakit tekanan darah rendah.


Manfaat dan Efek Samping Minyak Hati Ikan Cod Bagi Kesehatan


Meski minyak ikan cod adalah suplemen minyak ikan, namun minyak hati ikan cod berbeda dengan minyak ikan biasa .Jika minyak ikan biasa diekstraksi dari jaringan ikan berminyak seperti tuna, herring, anchovy dan mackerel, maka minyak ikan cod diekstrak dari hati ikan cod Atlantik.


Kandungan Gizi Dan Vitamin Minyak Ikan Cod

Tiap-tiap satu sendok teh (5 ml) minyak hati ikan cod mengandung:

  1. Kalori: 40
  2. Lemak: 4,5 gram
  3. Asam lemak omega-3: 890 mg
  4. Lemak tak jenuh tunggal: 2,1 gram
  5. Lemak jenuh: 1 gram
  6. Lemak tak jenuh ganda: 1 gram
  7. Vitamin A: 90%
  8. Vitamin D: 113%

Manfaat Minyak Hati Ikan Cod Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat minyak hati ikan cod bagi kesehatan:


Menjaga Kesehatan Mata, Kulit Dan Fungsi Otak

Minyak hati ikan kod sangat kaya akan vitamin A dimana dari setiap 1 sendok teh minyak ikan cod memenuhi sekitar 90 persen kebutuhan akan vitamin A anda. Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan kulit serta menjaga fungsi otak.


Meskipun vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata, namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi dosis tinggi, karena dapat menyebabkan toksisitas vitamin A.


Menjaga Kesehatan Tulang Dan Mengatur Penyerapan Kalsium


Minyak hati ikan Cod juga merupakan salah satu sumber Vitamin D yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dengan mengatur penyerapan kalsiu. Dari tiap-tiap 1 sendok teh minyak hati ikan cod memenuhi sekitar 113 % akan kebutuhan vitamin D.


Seiring bertambahnya usia maka kesehatan tubuh seseoraang akan semakin berkurang. Begitu juga dengan kesehatan tulang, semakin anda tua maka tulang akan semakin rapuh. Untuk itu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tulang sedini mungkin, terutama bagi anda kaum wanita agar terhindar dari penyakit menopouse.

Harga minyak ikan kod, minyak ikan kod scott emulsion, minyak ikan kod untuk dewasa, manfaat cod liver oil cap ikan paus, ikan cod itu ikan apa, manfaat minyak ikan kod untuk payudara, harga ikan kod, ikan kod dan ikan salmon

Minyak hati cod adalah sumber vitamin D yang dapat mengurangi keropos tulang terkait usia. Minyak hati ikan kod membantu tubuh menyerap kalsium, yang merupakan mineral penting untuk tulang yang kuat.

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa bila disertai dengan diet tinggi kalsium, mengonsumsi suplemen vitamin D seperti minyak hati cod dapat mengurangi keropos tulang di kalangan orang dewasa dan memperkuat tulang rapuh pada anak-anak.



Mengatasi Peradangan

Peradangan adalah proses alami yang membantu tubuh melawan infeksi dan menyembuhkan luka.Dalam beberapa kasus peradangan berubah menjadi semakin parah (kronis) dan berlanjut dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentu sangat berbahaya dan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan beberapa penyakit, seperti penyakit jantung.


Minyak ikan cod mengandung begitu banyak asam lemak omega tiga yang dapat mengurangi peradangan kronis Minyak hati Cod juga mengandung vitamin A dan D, yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dengan mengikat dan menetralkan radikal bebas berbahay.


Menariknya, penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang kekurangan vitamin A dan D berisiko lebih besar mengalami peradangan kronis.





Mengatasi Gejala Penyakit Arthritis Rheumatoid


Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan kerusakan sendi. Saat ini tidak ada obat untuk rheumatoid arthritis, namun penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan cod dapat mengurangi nyeri sendi dan memperbaiki gejala rheumatoid arthritis seperti kekakuan sendi dan pembengkakan.


Dalam studi lain di 58 individu, peneliti menyelidiki jika mengkonsumsi minyak ikan cod akan mengurangi rasa sakit dari rheumatoid arthritis yang cukup untuk membantu pasien mengurangi penggunaan obat anti-inflamasi.


Dipercaya bahwa asam lemak omega-3 dalam minyak hati cod membantu mengurangi peradangan pada persendian dan melindungi dari kerusakan.




Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung


Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, yang mempengaruhi lebih dari 17,5 juta orang setiap tahunnya. Studi telah menunjukkan orang yang rutin mengonsumsi ikan memiliki risiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah. Efek ini dapat dikaitkan dengan kandungan asam lemak omega-3.

Omega-3 telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi jantung Anda, termasuk:
  1. Mengurangi trigliserida: Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan cod dapat menurunkan trigliserida darah sebesar 15-30%.
  2.  Menurunkan tekanan darah: Banyak penelitian menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat menurunkan tekanan darah , terutama pada orang dengan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi .
  3. Meningkatkan kolesterol HDL: Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan cod dapat meningkatkan kolesterol HDL yang baik, yang terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.
  4. Mencegah pembentukan plak: Penelitian hewan telah menemukan bahwa minyak ikan cod dapat menekan hormon yang membantu membentuk plak di arteri. Penumpukan plak dapat mempersempit arteri dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Mengatasi Deperesi

Depresi adalah penyakit umum yang bersama-sama mempengaruhi lebih dari 615 juta orang di seluruh dunia. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 dalam minyak ikan cod dapat menurunkan peradangan dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.


Efek Samping


Minyak hati Cod sangat bagus bagi kesehatan seperti mata, kulit, mengurangi rasa sakit yang diakibatkan peradangan, sakit sendi dan yang lainnya.Namun dalam mengkonsumsi minyak hati ikan kod sebaiknya anda harus benar-benar memperhatikan dosisnya


Dosis biasa 1-2 sendok teh, tapi mengkonsumsi satu sendok makan per hari biasanya masih aman. Dosis yang lebih tinggi tidak disarankan, karena akan menghasilkan asupan vitamin A berlebih. Selain itu minyak ikan cod dapat bertindak sebagai pengencer darah. Jadi, sebaiknya bagi anda yang ingin mengkonsumsi minyak ikan cod sebaiknya tanyakan kepada dokter jika Anda minum obat tekanan darah atau pengencer darah.



Demikian Manfaat Minyak Hati Ikan Cod Bagi Kesehatan, Semoga Bermanfaat


Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »