Jerawat Bertumbuhan ? Ini Dia Makanan Penyebab Tumbuhnya Jerawat


Anda mungkin tahu bahwa apa yang Anda makan dapat memengaruhi kesehatan Anda. Makan makanan kaya kalsium baik untuk tulang Anda, dan makan makanan kaya vitamin A baik untuk mata Anda. Jadi, apa pendapat Anda tentang kulit Anda? Benarkah ada makanan yang menyebabkan jerawat? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

Penampilan kulit dipengaruhi kesehatan tubuh

Apakah kulit Anda sehat atau tidak, sangat dipengaruhi oleh bagaimana kesehatan Anda. Jika Anda sehat, kulit Anda bisa terlihat bagus. Sebaliknya, jika Anda tidak sehat, itu juga akan muncul di kulit Anda. Diet yang sehat dan seimbang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan penampilan yang terlihat menarik.

Apa saja makanan yang bisa jadi penyebab jerawat?

1. Makanan manis

Di masa lalu, penelitian telah menunjukkan bahwa apa yang Anda makan tidak memengaruhi jerawat. Anda tidak perlu peduli dengan apa yang Anda makan karena tidak ada makanan yang menyebabkan jerawat. Namun, penelitian terbaru telah memberikan hasil yang berbeda.

Jika Anda sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula atau makanan manis, kadar gula darah akan meningkat, dan tubuh harus melepaskan lebih banyak insulin untuk mengubah tambahan gula ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa insulin dapat memengaruhi kondisi jerawat Anda.

Diet yang tinggi karbohidrat sederhana (seperti gula dan makanan tinggi gula) dapat membuat jerawat Anda semakin meluas. Menurut hasil penelitian, diet dengan makanan yang memiliki kadar glikemik rendah dapat meningkatkan gejala radang tenggorokan. Beban glikemik ini berbeda dari indeks glikemik.

Untuk memastikan diet Anda tetap sehat dan menghindarkan Anda dari jerawat, ada beberapa tips yang bisa diikuti:
  • Anda harus makan makanan dengan indeks glikemik rendah (di bawah 55) seperti roti gandum, beras merah, atau keripik jagung tanpa garam.
  • Anda dapat menggabungkan makanan dengan indeks glikemik tinggi yang Anda sukai, dengan makanan indeks glikemik rendah untuk diet seimbang.
  • Anda harus membagi porsi besar makanan Anda menjadi beberapa makanan kecil. Anda juga bisa makan lebih sering, tetapi dengan porsi kecil.
  • Sayuran dan buah-buahan baik untuk kadar gula darah Anda.

2. Makanan Berminyak

Makan makanan berminyak seperti pizza, burger, kentang goreng, keripik kentang dan makanan goreng dapat membuat kelenjar minyak di kulit menghasilkan lebih banyak minyak. Minyak tambahan ini berkontribusi pada pertumbuhan jerawat. Namun, Anda tidak harus menyingkirkan makanan ini. Anda hanya perlu membatasi makan makanan ini dan mencuci muka secara teratur.

Asam lemak ini dalam makanan berminyak juga dapat meningkatkan peradangan, membuat jerawat yang ada menjadi lebih buruk.

3. Susu

Hubungan antara jerawat dan susu memang tidak jelas. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa susu dan produk susu seperti keju dan mentega dapat membuat jerawat anda keluar, atau memperburuk jerawat Anda.

Susu mengandung sesuatu yang berkaitan dengan hormon seks testosteron. Hormon ini memicu kelenjar minyak, membuat persiapan yang baik untuk munculnya jerawat.

Meskipun tidak ada bukti jelas bahwa susu menyebabkan jerawat, Anda dapat mencoba untuk berhenti mengonsumsi susu dan produk susu selama beberapa waktu, kemudian lihat efeknya pada kulit. Jika memang metode ini cocok untuk kulit Anda, silakan lanjutkan.

Namun, susu dan produk susu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin D dan kalsium, jadi berhati-hatilah ketika Anda memilih untuk tidak menggunakan susu dan produk susu

Semoga Bermanfaat ^_^

Related Movies

Next Movie
« Prev Post
Previous Article
Next Post »